Senin, 24 Maret 2014

Pengantar Web Science


PENGERTIAN


Web Science terbagi menjadi 2 kata yaitu web (merupakan suatu halaman yang pada umumnya adalah bagian dari suatu nama domain, web dapat dilajahi/dikunjungi dengan adanya internet melalu suatu browser), dan science yang berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat kita ketahui bahwa web science merupakan  suatu halaman yang berisikan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat dikunjungi (dalam hal ini para pengunjung membaca isi halaman tersebut) oleh seluruh orang di dunia dengan adanya internet.


SEJARAH WEB

Web ditemukan oleh seorang bernama Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Alasan Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. dan hingga kini penemuan ini menjadi sangatlah penting sifatnya dalam dunia perkembangan sebuah internet.


PERKEMBANGAN WEB

1.Web 1.0

Web 1.0 merupakan teknologi awal dari website, dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan pengguna hanya sebagai pembaca .Bahasa yang digunakan pada web ini masih berupa HTML saja. 

2.Web 2.0
Web 2.0 muncul sekitar tahun 2003 atau 2004, dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya.
Kelebihan dari web ini adalah sebagai berikut :
  • The Web as Platform (Pengerjaan suatu aplikasi/tulisan dapat langsung dikerjakan di media internet tanpa harus mengerjakannya terlebih dahulu di windows desktop)
  • Harnessing Collective Intelligence (Web 2.0 memiliki kinerja untuk memanfaatkan tulisan orang lain untuk mengisi konten web secara kolektif (tidak hanya webmaster yang mengisi konten sendiri), contohnya seperti youtube)
  • Data is the Next Intel Inside (merupakan suatu garansi kepercayaan dari para pemberi data kepada pemilik website bahwa pada era web 2.0 data sangatlah penting dan harus di update setiap waktu). 

3.Web 3.0

 Web yang diperkirakan akan berkembang pada tahun 2010-2020 dan saat ini masih dalam tahap pengembangan 



Sumber :

-http://akimlinovsisa.wordpress.com/2011/07/09/sejarah-website/
-http://nunusdwinugroho.wordpress.com/2011/05/29/pengertian-web-1-0-2-0-dan-3-0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar