Rabu, 11 Maret 2015

Dampak Cyber Bullying Terhadap Perkembangan Anak


Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi pun semakin canggih. Anak-anak dan remaja sekarang sudah mahir menggunakan teknologi dan mengakses internet. Sosial media saat ini sedang digandrungi oleh remaja. Emosi remaja yang masih tergolong labil, sehingga kerap mengekspresikan diri dan tidak dapat mengontrol dirinya, hal inilah yang memicu fenomenal akan Cyber bullying.

Cyber bullying adalah segala bentuk kekerasan yang dialamai anak atau remaja dan dilakukan teman seusia mereka melalui internet. Cyber bullying terjadi dimana seorang anak atau remaja diejek, dihina, diintimasi atau dipermalikan oleh anak atau remaja lain melalui media internet, teknologi digital atau telepon seluler.


Anak-anak atau remaja yang melakukan cyber bullying terhadap temannya terkadang tidak memikirkan apa dampak buruknya. Orang yang dia ejek tersebut bisa kecewa, sedih, hingga merasa tertekan dan bisa menarik diri dari lingkungannya karena tidak punya rasa percaya terhadap dirinya sendiri. Hal ini sangat merugikan dan membuat orang lain mendapatkan efek negatif atas perbuatan cyber bullying. 

Peran orangtua sangatlah penting untuk menjauhkan anak-anak dari perbuatan bully. Sudah saatnya orangtua sadar tentang dampak buruk akan cyber bullying. Orangtua perlu mengontrol aktivitas cyber anaknya, seperti media sosial. Selain itu, orangtua perlu mengajak bicara anak tentang apa dampak negatifnya dari perbuatan bully.

Refrensi :
http://jurnal.mti.cs.ui.ac.id/index.php/jsi/article/download/321/189
journal.unair.ac.id/filerPDF/kmnts73d7a00d3dfull.pdf
http://www.kompasiana.com/stop_cyberbully

Gunadarma Link :
http://gunadarma.ac.id
http://baak.gunadarma.ac.id
http://softskill.gunadarma.ac.id
http://sap.gunadarma.ac.id/
http://seminar.gunadarma.ac.id/v2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar