Senin, 04 November 2013

Membahas Tuntas New Media !


Definisi Dan Pandangan Tentang New Media ~
"New Media" mendengar istilah ini sudah tentu yang pertama kali terpikirkan di benak kita adalah sesuatu yang berkaitan dengan teknologi. yaa itu benar ! yang kita bahas disini adalah seputar kemajuan teknologi, bicara tentang kemajuan teknologi memang tidak akan ada habisnya, karena teknologi itu selalu berkembang setiap saatnya. 
Di era globalisasi ini, teknologi telah digunakan disegala bidang. Perkembangan teknologi yang pesat dan cepat seperti telah memaksa kita untuk terus mengikuti perkembangannya tersebut, karena jika tidak kita akan sangat tertinggal dengan yang lainnya, kemunculannya memberikan dampak besar kehidupan manusia dan secara langsung telah mengubah pola pikir manusia, dimulai dari pola kehidupan masyarakat, budaya, cara pikir, dan hampir sampai ke segala aspek dalam kehidupan manusia sendiri. 
Perkembangan teknologi ini sebenarnya sangatlah membantu segala pekerjaan dan aktifitas kita, terutama dalam bidang informasi, karena tentu itu telah memudahkan kita dalam bertukar informasi. namun di sisi lain tanpa kita sadari perkembangan teknologi ini telah diiringi dengan dampak-dampak negatif yang diakibatkan olehnya, seperti dengan internet kita dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah serta memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. oleh karena itu lah kita harus dapat memanfaatkan perkembangan teknologi ini dengan sebaik-baiknya, kita harus tahu apa fungsi dari teknologi itu sebenarnya, jadi sudah seharusnya perkembangan teknologi ini diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.
 Okeh kembali ke pokok bahasan, yaitu apa itu New Media ? New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti baru dan Media yang berarti perantara. Jadi New Media bisa dikatakan sebagai sarana perantara yang baru. Baru yang dimaksud disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. Namun "New Media" yang dimaksud disini merupakan suatu istilah untuk sesuatu yang mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20
Adapun pengertian lainnya. New Media adalah sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. yaa jadi secara umum, New Media itu dapat disimpulkan sebagai istilah yang menggambarkan tentang suatu bentuk teknologi yang berbentuk digital dan internet, dengan konsep meninggalkan teknologi kuno yang masih bersifat analog, mekanik, boros energi dan tidak ramah lingkungan.
Contohnya adalah internet, website, komputer multimedia, video game, smart phone, plasma tv, CD / DVD / Blueray dan lain-lain. New Media bukanlah program televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas, kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interktivitas digital, seperti grafis yang berisi tag-link web. Sebagian besar new media didominasi oleh produk berteknologi digital yang seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mudah, interaktif dan tidak memihak. Seperti internet , dari internet saja kita bisa mendapatkan banyak manfaat, termaksud dari jejaring sosial, semacam facebook dan twitter.

Manfaat Yang Didapatkan Dari New Media ~
Manfaat dari New Media ? jika bertanya apa saja manfaatnya, yaa sudah tentu kita akan membahas tentang keuntungan yang didapat darinya. Dari pembahasan tentang definisi dan pandangan mengenai new media sebelumnya, sebenarnya sudah jelas bahwa dengan New Media yang inovatif, segala sesuatu aktifitas dan pekerjaan kita akan menjadi lebih mudah, efisien dan efektif. seperti berikut :
  • Sebagai media informasi yang dapat mudah dan cepat diakses dengan Internet. melalui internet kita dapat melalukan berbagai aktifitas di dunia maya. Seperti pencarian kerja, jual-beli barang, dan berbagai aktifitas yang bersifat informatif lainnya.
  • Sebagai media komunikasi yang efisien, kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference
  • Sebagai media hiburan, seperti : streaming video, video game, dan lain-lain.
  • Sebagai sarana pendidikan yang efektif, seperti E-book. dengan E-book ini para pelajar / mahasiswa tidak perlu membeli buku, karena dapat mendownloadnya. dan ini menjadi praktis karena tanpa harus keberatan membawa buku yang banyak.
  • Sebagai media silahturahmi, dengan bermunculan situs-situs media sosial di internet. seperti : Facebook, Twitter, My Space, Yahoo Messangger dan lain sebagainya, itu dapat membuat kita dapat bersilahturahmi dengan sanak saudara, teman dan masyarakat luas. Melalu berbagai situs tersebut kita dapat mengetahui kabar mereka dengan cara mengirim pesan, selain itu kita juga dapat mengirim photo, video, dan lain-lain kepada mereka.
Itulah beberapa manfaat yang dapat saya uraikan, mungkin dalam uraian tersebut masih banyak manfaat yang belum saya sebutkan. Iya itu dikarenakan begitu banyak manfaat yang kita dapat dari new media. Namun, dibalik manfaat-manfaat tersebut kita perlu mengingat kembali bahwa disisi lain new media disertai dengan dampak negatif, maka dari itu sekali lagi saya ingin menghimbau, bagi seluruh pengguna new media yang konsumtif, perlu lah mengerti apa fungsi dari new media itu sebenarnya, jadi sudah seharusnya perkembangan ini diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.


Komponen Dan Karakteristik Dari New Media ~
Komponen dari new media terdiri dari 3 unsur yaitu pembuat, penyalur dan pemakai dari new media itu sendiri. dan adapun karakteristik dari New Media antara lain : 
  1. Digital, dimaksudkan bagaimana bentuk data digital ini dapat menjadi lebih baik penggunaannya dari data analog dalam segi kecepatan dan ke-real-annya. Dan sudah jelas bahwa new media yang berbasis digital hanya dapat dilakukan dengan media komputer. Meski saat ini new media juga sudah dapat diakses dengan teknologi mobile seperti smartphone.
  2. Interaktifitas, dapat menghemat waktu, secara langsung dapat kita kendalikan dan komunikasi dua arah dapat terjadi hanya dengan media komputer saja. Pengaturan informasi yang kreatif dari karakter inilah yang juga menjadi pilihan pengguna dalam teknologi media ini. Meski sebenarnya interaksi tersebut terjadi antara manusia dan komputer.
  3. Hypertextual, adalah teks yang dapat mengijinkan kita mengakses teks-teks lain. Dengan hanya meng-klik satu teks saja yang sudah terdapat link didalamnya maka kita dapat terhubung dengan halaman lain dengan isi teks yang berbeda.
  4. Dispersal, maksudnya adalah menyebar, dimana produksi, distribusi dan konsumsi tidak terpusat. Karena setiap pengguna internet dapat sesuka hati menajdi produsen, distributor atau hanya sekedar konsumen (personal freedom). Inilah yang dinilai new media merupakan media yang lebih bersifat pribadi (individually). Hingga dapat menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari penggunanya.
  5. Virtuality, karekter unik yang dimiliki new media. Ini adalah persepsi kita terhadap objek-objek immaterial. Karena new media juga memiliki unsur presence atau kehadiran meski tidak secara fisik, sering kita menyebutnya dunia maya. Karakter ini juga yang mendorong terbentuknya salah satu budaya baru yakni budaya virtual.


PENUTUP ~

Demikianlah ulasan saya mengenai New Media. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, mohon maaf jika ada penggunaan atau penulisan kata yang salah. Artikel ini merupakan tugas kuliah saya dari mata kulia Pengetahuan Teknologi Internet dan New Media #. disini saya ingin menyatakan bahwa artikel ini disusun menggunakan kata-kata sendiri dan dengan materi dari berberapa sumber, antara lain :
Terimakasih untuk para pemilik dan penulis dari beberapa situs tersebut. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar