Minggu, 20 Maret 2016

Menganalisa Website Perusahaan yang Menerapkan Komputasi Modern

TUGAS :
Cari website perusahaan yang didalamnya terdapat penerapan komputasi modern di berbagai bidang, sertakan tampilan website, diberi penjelasan detail, kemudian tarik kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan dari website tersebut dalam bentuk komentar/kesimpulan pribadi.

_________________________________________

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Seiring perkembangan teknologi, kini komputasi modern banyak diterapkan dalam website  yang menyediakan layanan online, seperti pemesanan barang atau jasa maupun pendaftaran diri online dalam berbagai bidang baik kuliner, wisata, pendidikan, penjualan produk, dan lain sebagainya.

1.2  RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan materi utama yaitu “Menganalisa Website Perusahaan yang Menerapan Komputasi Modern”, maka saya mengkajinya menjadi beberapa rumusan masalah atau batasan masalah, yaitu pemahaman dasar komputasi modern, pembahasan penerapan komputasi modern pada website, pembahasan contoh website yang menerapkan komputasi modern dan kesimpulan berupa komentar tentang kelebihan dan kekurangan daricontoh website tersebut.

1.3  TUJUAN PENULISAN
Tujuan penulisan ini adalah agar pembaca dapat memahami apa itu sebenarnya komputasi modern, bagaimana penerapannya pada website, dan apa manfaat dari penerapannya tersebut.

1.4  SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika penulisan ini terdiri atas :
·      BAB I    : Pendahuluan
Bab ini menjelaskan latar belakang masalah yang mendasari pembuatan penulisan, lalu disertai rumusan masalah , tujuan penulisan,dan sistematika penulisannya.
·      BAB II   : Landasan Teori
Bab ini membahas teori-teori dasar yang berhubungan dengan materi utama yaitu  mulai dari definisi komputasi, definisi komputasi modern, karakteristik komputasi modern, jenis-jenis komputasi modern, dan sejarah komputasi modern.
·      BAB III : Pembahasan Materi.
Bab ini berisi tentang pembahasan materi utama mulai dari pemahaman penerapan komputasi modern pada website sampai pembahasan contoh website yang menerapkan komputasi modern.
·      BAB IV: Penutup

Bab ini berisikan kesimpulan pribadi yang didapat dari pembahasan materi.
___________________________________________________________________
BAB II
LANDASAN TEORI

2.1  PENGERTIAN KOMPUTASI
Komputasi diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Pada zaman sekarang ini, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.
Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer, yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

2.2  PENGERTIAN KOMPUTASI MODERN
Komputasi modern merupakan  sebuah konsep sistem yang akan menyelesaikan masalah matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti komputer yang berguna untuk menyelesaikan suatu masalah. Dalam komputasi modern terdapat perhitungan dan pencarian solusi dari masalah. Perhitungan dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem, volume, dan besar kompleksitas. Dampak positif adanya komputasi modern adalah dapat membantu manusia untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dengan menggunakan komputer.

2.3  KARAKTERISTIK KOMPUTASI MODERN
Komputansi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
a.  Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
b.  Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
c.  Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

2.4  JENIS-JENIS KOMPUTASI MODERN
Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile, komputasi grid, dan
Komputasi cloud. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjutnya :
a.    Komputasi Bergerak
     Merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggukan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, smartphone, dan lain sebagainya.
b.    Komputasi Grid
     Menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistribusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelesaikan masalah komputasi yang besar.
c.    Komputasi Cloud
     Merupakan komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

2.5  SEJARAH KOMPUTASI MODERN
Kata  “komputer” pertama kali pada tahun 1613, hal ini mengacu pada perhitungan aritmatika dan kata “komputer” digunakan dalam pengertian itu sampai pertengahan abad ke-20. Dari akhir abad ke-19 dan seterusnya. Berkembanganya komputer akhirnya makna komputer menjadi sebuah mesin yang melakukan komputasi. Sejarah komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah- perhitungan otomatis dan dapat di program-tapi tidak ada satu perangkat pun yang dapat dikatakan sebagai komputer, karena sebagian penerapan yang tidak konsisten istilah tersebut. Contoh-contoh awal perangkat penghitung mekanis termasuk sempoa (yang berasal dari sekitar 150-100 SM).  Seorang pahlawan dari Alexandria (sekitar 10-70 AD) membangun sebuah teater mekanis yang diadakan bermain berlangsung 10 menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks dengan tali dan drum yang dipakai sebagai sarana untuk memutuskan bagian dari mekanisme. Ini adalah inti dari programmability. Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern.VonNeumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer  yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.
Sejarah singkat dari perjalanan hidup dari Von Neumann , dilahirkan di Budapest, Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit.Nama keluarga diletakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris, nama orang tuanya menjadi Max Neumann. Pada saat Max Neumann memperoleh gelar, maka namanya berubah menjadi Von Neumann. Setelah bergelar doktor dalam ilmu hukum, dia menjadi pengacara untuk sebuah bank. Pada tahun 1903, Budapest merupakan  tempat lahirnya para manusia genius dari bidang sains, penulis, seniman dan musisi. Von Neumann belajar berbagai tempat dan beberapa tempatnya di Berlin dan Zurich. Di tempat itu beliau mendapatkan diploma pada bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada tahun yang sama dia mendapatkan gelar doktor pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Keahlian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam bidang matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya. Beliau pernah mengajar di Berlin dan Hamburg, Von Neumann pindah ke Amerika pada tahun 1930 dan bekerja di Universitas Princeton pada saat yang bersamaan Von Neumann menjadi salah satu pendiri Institute for Advanced Studies.
Von Neumann sangat tertarik pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.
Berikut ini beberapa contoh komputasi modern sampai dengan lahirnya ENIAC :

·         Konrad Zuse’s electromechanical “Z mesin”.Z3 (1941) sebuah mesin pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programmability. Pada tahun 1998, Z3 operasional pertama di dunia komputer itu di anggap sebagai Turing lengkap.
·         Berikutnya Non-programmable Atanasoff-Berry Computer  yang di temukan pada tahun 1941 alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regeneratif memori kapasitor.Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi jauh lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).
·         Selanjutnya komputer Colossus ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan untuk membatasi kemampuan program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan lebih baik dan elektronik reprogrammable.Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
·         The Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elektromekanis dengan programmability terbatas.
·         Lalu lahirlah US Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC ditemukan pada tahun 1946, komputer ini digunakan unutk menghitung desimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama komputer elektronik  (ENIAC merupaka generasi yang sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse ’s Z3 yang ditemukan padatahun 1941).
____________________________________

BAB III
PEMBAHASAN MATERI

3.1  PENERAPAN KOMPUTASI MODERN PADA WEBSITE
Komputasi modern kini banyak diterapkan pada website perusahaan di berbagai bidang yang memanfaatkan komputasi modern berbentuk layanan pengguna online. Dengan layanan pengguna online ini dapat membuat penggunanya menjadi sangat terbantu untuk melakukan berbagai proses aktifitas, seperti :
·        Situs pembelian atau pemesanan produk atau jasa online.
Contohnya : situs jual beli online, pemesanan hotel, pemesanan jasa dan lain sebagainya.
·        Situs pendaftaran diri online
Contohnya : situs yang menyediakan layanan pendaftaran online seperti untuk melamar kerja, masuk sekolah, daftar kursus dan lain sebagainya.
·        Situs penyimpanan data online
Contohnya : situs yang menyediakan layanan penyimpanan data online berbasis cloud seperti google drive, skydrive, dropbox dan lain sebagainya.
·        Situs Pembelajaran diri online
Contoh : situs kursus online atau multimedia pembelajaran online.
·        Situs internet banking
Contoh : situs ebanking yang dimana pengguna dapat melakukan transaksi, pembayaran dna transaksi lainnya melalui internet.


3.2  PEMBAHASAN CONTOH WEBSITE YANG MENERAPKAN KOMPUTASI MODERN
Untuk memahami penerapan komputasi modern pada website dan fungsinya, selanjutnya di sini saya akan membahas sebuah website yang menerapkan koputasi modern. Contoh yang saya ambil adalah website perusahan yang menerapkan layanan pemesanan produk atau jasa yang bergerak di bidang kuliner yaitu PHD (Pizza Hut Delivery) yang menggunakan domain  phd.co.id. Yang akan saya bahas tentang website tersebut adalah tentang pembahasan konten dan fitur apa saja yang ada di website tersebut. Berikut ini adalah berbagai konten dan fitur yang terdapat pada website tersebut :
3.2.1        Halaman Utama
Tampilan halaman utama seperti di bawah ini.
gambar 1 : tampilan halaman utama
Disana terdapat beberapa tab navigasi menu antara  lain :
·        menu : untuk melihat katalog menu makanan serta minuman yang dijual. Tab menu ini memiliki beberapa sub menu yaitu kategori dari jenis makanan dan minumannya.
·        paket : untuk melihat katalog paket menu yang disediakan.
·        hot promo : untuk melihat katalog menu yang sedang diskon pada waktu tersebut
·        profil saya : untuk melihat informasi tentang pelanggan seperti data pribadi, poin, riwayat pemesanan, voucher serta registrasi akun baru.
·        lokasi outlet : untuk melihat daftar outlet PHD yang terdapat diberbagai wilayah di indonesia.
·        cerita phd : untuk melihat berbagai artikel tentang PHD.
gambar 2 : tab menu navigasi
Pada bagian atas terdapat beberapa tombol dan keterangan antara lain :
·        tombol sign in dan register :  apabila pelanggan sudah memiliki akun dapat langsung masuk menggunakan tombol sign in, jika belum memiliki akun dapat menggunakan tombol register. Sebelumnya apa bila pelanggan belum login keterangannya bertuliskan “Welcome, Guest”namun jika pelangggan sudah masuk menggunakan akunnya maka keterangan tersebut akan berubah menjadi nama pelanggan, contohnya “Welcome, Edho”. Keterangan ini cukup bermanfaat agar tidak ada keliruan atas akun yang sedang digunakan.
·        Tombol status order : digunakan untuk mengecek status pesanan yang sedang diproses. Untuk mengeceknya pelanggan cukup memasukan order number saat pemesan atau email pelanggan. Layanan ini bermanfaat agar pelanggan dapat mudah mengkonfirmasi status pemesanannya apakah pesanan sedang dibuat atau sedang dalam perjalan.
·        Tombol petunjuk cara pesan : berisi informasi tentang cara pesan. Layanan ini bermanfaat untuk pelanggan baru agar dapat mudah memahami langkah pemesanan yang benar.
·        Tombol keranjang : digunakan untuk melihat daftar pesanan pelanggan, di sebelah tombol tersebut juga terdapat keterangan total harga yang harus dibayar.
gambar 3 : beberapa tombol dan keterangan pada bagian atas web
Pada bagian tengah terdapat slide animasi yang cukup besar, terdiri dari 5 slide untuk menampilkan gambar berisi informasi promo-promo yang bertujuan membuat pelanggan tertarik, slide tersebut berganti otomatis dalam waktu 5 detik. Di bawah slide tersebut juga berisi 3 kolom gambar yang bertujuan sama untuk menarik pelanggan.
gambar 4 : slide gambar pada bagian tengah web
Pada bagian bawah berisi beberapa link yaitu link yang sama seperti pada tab menu navigasi. Disamping itu juga terdapat beberapa tomboluntuk mengunjungi media sosial mereka.
gambar 5 : beberapa link pada bagian bawah web

3.2.2        Halaman Menu
Untuk masuk ke halaman ini dapat melalui tab menu diatas atau link pada bagian bawah website, lalu pilih salah satu sub menu yang ingin dilihat, contohnya menu pizza . Tampilan halaman menu pizza seperti di bawah ini.
gambar 6 : tampilan halaman menu pizza
Dalam halaman ini terdapat berbagai macam pizza yang dapat dipesan yang dipetakan sehingga berbentuk katalog. Pada tiap petak memiliki beberapa elemen yang sama, antara lain :
·        Gambar produk : menampilkan gambar jelas tentang produk tersebut
·        Nama produk : menampilkan nama dari produk tersebut.
·        Keterangan produk : menampilkan kalimat singkat tentang produk tersebut.
·        Harga produk : menampilkan harga dari produk tersebut.
·        Tombol pesan : untuk memesan produk tersebut dan memasukkannya ke keranjang pelanggan.
·        Tombol combo box 1 :  digunakan pelanggan untuk memilih pinggiran dari pizza.
·        Tombol combo box 2 : digunakan pelanggan untuk memilih ukuran pizza.
·        Tombol check box : dua buah check box tersebut digunakan pelanggan jika ingin menambahkan ekstra keju untuk pizzanya.
Dalam halaman kategori menu lainnya tampilannya juga sama dengan menu pizza, bedanya untuk tombol combo box dan check box hanya khusus ada pada katalog pizza.
gambar 7 : petak katalog produk
3.2.3        Halaman Paket
Untuk masuk ke halaman ini dapat melalui tab menu diatas atau link pada bagian bawah website. Tampilan halaman paket seperti di bawah ini.
gambar 8 : tampilan halaman paket
Tampilan halaman ini juga berbentuk katalog dan memiliki elemen-elemen yang sama seperti katalog pada halaman menu. Yang membedakan hanya informasinya saja, pada halaman ini menu yang ditampilkan berupa paket-paket yang tersedia.

3.2.4        Halaman Hot Promo
Untuk masuk ke halaman ini dapat melalui tab menu diatas atau link pada bagian bawah website. Tampilan halaman hot promo seperti di bawah ini.
gambar 9 : tampilan halaman hot promo
Tampilan halaman ini juga berbentuk katalog dan memiliki elemen-elemen yang sama seperti katalog pada halaman menu dan paket. Yang membedakan hanya informasinya saja, pada halaman ini menu yang ditampilkan berupa menu yang pada saat itu sedang promo baik mendapat bonus maupun diskon.

3.2.5        Halaman Profil Saya
Untuk masuk ke halaman ini dapat melalui tab menu diatas atau link pada bagian bawah website. Tampilan halaman profil saya seperti di bawah ini.
gambar 10 : tampilan halaman profil saya
Pada halaman ini terdapat 4 sub menu yaitu :
·        Data pribadi : berisi informasi tentang akun yang sedang login, ada beberapa informasi yaitu nama, telepon, email, poin, dan alamat pengiriman. Informasi tersebut dapat diubah dengan cara menekan tombol ubah profil.
·        Poin : berisi informasi tentang poin yang dimiliki pelanggan tersebut, poin didapatkan pelanggan tiap pemesanan sebagai bentuk bonus. menariknya  disana juga disertakan katalog menu dimana  pelanggan dapat memilih apakah dia hendak menukarkan poin yang dia miliki dengan menu-menu tersebut. 
·        Riwayat pemesanan : berisi informasi tentang riwayat pemesanan yang telah dilakukan pelanggan. Website ini juga memiliki layanan quick order dimana pelanggan dapat pesan cepat pesanan lamanya dengan memilih riwayat pemesanannya tersebut.
·        Voucher : disni pelanggan dapat menukarkan poinnya dengan voucher.

3.2.6        Halaman Lokasi Outlet
Untuk masuk ke halaman ini dapat melalui tab menu diatas atau link pada bagian bawah website. Tampilan halaman lokasi outlet seperti di bawah ini.
gambar 11 : tampilan halaman lokasi outlet
Disini pelanggan dapat mencari informasi tentang lokasi outlet yang terletak di berbagai wilayah diindonesia. Halaman ini memiliki beberapa elemen, antara lain :
·        Tombol combo box di samping title lokasi outlet : tombol box tersebut digunakan pelanggan untuk memilih wilayahnya. Klik tombol tersebut dan akan muncul pilihannya.
·        List box di samping kiri : list box ini menampilkan beberapa lokasi outlet yang terletak pada wilayah yang pelanggan pilih. Pada list ini juga berisi keterangan lengkap tentang outlet tersebut seperti alamat, telepon, dan jam operasional.
·        Peta lokasi outlet di samping kanan : Saat pelanggan mengklik lokasi outlet pada list box di samping kiri maka pada samping kanan akan muncul peta lokasi outlet tersebut. Peta lokasi ini memanfaatkan teknologi google map api, dengan google map ini pelanggan dapat melihat peta yang akurat berbentuk map, satelit maupun view 360.
 
3.2.7        Halaman Cerita PHD
Untuk masuk ke halaman ini dapat melalui tab menu diatas. Tampilan halaman cerita phd seperti di bawah ini.
gambar 12 : tampilan halaman cerita phd
Halaman ini menampilkan beberapa artikel, seperti blog pada umumnya, halaman artikel ini berbentuk list box, yang memiliki elemen judul artikel, gambar artikel, sedikit kutipan isi artikel dan tombol read more untuk membaca artikel lengkapnya.

3.2.8        Halaman Pesanan Saya
Untuk masuk ke halaman ini dapat dengan mengklik ikon keranjang pada bagian atas web. Bila pelanggan belum memilih pesanan maka halaman ini akan kosong, untuk memilih pesanan yang pelanggan inginkan, cukup dengan menekan tombol pesan yang terdapat di katalog menu, paket, maupun hot promo. Pada pertama kali pemesanan pelanggan akan diberi 3 pilihan yaitu ingin quick older dengan keterangan pesan cepat pesanan lama, delivery dengan keterangan 30 menit dijamin tiba atau gratis 1 pizza maupun take away dengan keterangan pesanan sudah siap dibawa saat pelanggan sampai dioutlet. Tampilan halaman pesanan saya seperti di bawah ini.
gambar 13 : tampilan halaman pesanan saya
Disini terdapat beberapa elemen antara lain :
·        List produk yang telah dipesan : dilengkapi pilihan jumlah pesanan, keterangan harga dan hapus pesanan.
·        Keterangan subtotal : merupakan hasil dari jumlah list pesanan diatasnya
·        Keterangan delivery fee : merupakan biaya untuk pengiriman jika pelanggan memilih pemesanan delivery.
·        Keterangan tax : merupakan pajak yang harus dibayar. Pajak ini otomatis sebesar 10%.
·        Keterangan total : merupakan hasil penjumlahan subtotal, delivery fee dan tax.
·        Tombol ulangi dari awal : untuk mereset pesanan atau menghapus seluruh pesanan.
·        Tombol ubah pesanan : untuk mengubah pesanan
·        Tombol pembayaran : digunakan pelanggan untuk masuk ke halaman komfirmasi pesanan.
3.2.9        Halaman Konfirmasi Pesanan
Untuk masuk ke halaman ini dapat dengan mengklik tombol pembayaran pada pesanan saya. Tampilan halaman konfirmasi pesanan antar tipe layanan takeaway dan delivery sedikit berbeda, tampilan seperti di bawah ini.
Gambar 14 : tampilan halaman konfirmasi pesanan (tipe pelayanan takeaway)
Gambar 15 : tampilan halaman konfirmasi pesanan (tipe pelayanan delivery)
Di halaman ini pelanggan dapat mengecek kembali data diri dan data pesananya. Untuk tipe pelayanan take away dan delivery terdapat perbedaan dalam metode pembayarannya, jika takeaway pilihan metode pembayarannya hanya ada online payment (..), sedangkan untuk tipe pelayanan delivery selain online payment juga ada metode payment on delivery dimana pelanggan bisa membayar di tempat saat pesanan sampai tujuan. Untuk tipe pelayanan delivery juga ada prosedur khusus yaitu jika pemesan login sebagai guest maka pelanggan hanya bisa melakukan metode pembayaran secara payment on delivery, sedangkan jika login sebagai member pelanggan akan diberi pilihan metode pembayaran yaitu secara online payment dan payent on delivery.
Untuk metode pembayaran online payment, ada beberapa pilihan, antara lain :
·        Mandiri klikPay
·        Kartu kredit Visa/MasterCard
·        Doku wallet
·        Debit mandiri online
·        Citybank Mandiri Card
Sedangkan, untuk metode pembayaran payment on delivery, ada beberapa pilihan, antara lain :
·        Tunai
·        Kartu kredit (BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan lainnya)
·        Kartu debit (BCA dan lainnya)


3.2.10    Halaman Order Complete
Jika pelanggan sudah mengkonfirmasi baik data diri maupun data pesanannya dan telah memilih metode pembayaran apa yang ingin dipakai, maka selanjutnya pelanggan cukup menekan tombol lanjut. Jika pelanggan memilih metode pembayaran online payment maka pelanggan akan diarahkan ke situs ebanking yang dia pilih, misal dia memilih Debit mandiri online maka akan diarahkan ke situs ebanking dari debit mandiri online dulu dan jika transaksi sudah dibayarkan, pelanggan secara otomatis akan diarahkan kembali ke situs phd dan diberi order number. Sedangkan jika pelanggan memilih payment on delivery, dan memilih pilihan misal ingin tunai maka pelanggan akan diarahkan ke halaman order complete dan disitu akan diberi order number, dimana order tersebut dapat dilakukan untuk mengecek status pesanannya. Tampilan halaman order complete seperti ini :
Gambar 16 : tampilan halaman order complete

3.2.11    Halaman Order Status
Untuk masuk ke halaman order status, bisa dengan menekan tombol status order yang ada di bagian header website. Tampilan halaman order status akan seperti ini.
Gambar 17 : tampilan halaman order status
Pada halaman ini ada beberapa komponen, antara lain :
·        Kolom Input : kolom input tersebut untuk memasukan order number atau email saat melakukan pemesanan.
·        Tombol Search : setelah pelanggan memasukan order number maka harus menekan tombol ini untuk mencari tahu bagaimana status pesanannya.
·        Image Description : disana ada 4 buah gambar yang menggambarkan urutan status mulai dari pesanan sudah diterima, pesanan sudah dikonfirmasi, pesanan sedang dibuat, dan pesanan sedang diantar.  Menariknya saat pelanggan sudah menginput order number dan telah mengklik tombol search maka status order akan dijelaskan dengan gambar tersebut menyalanya atau menjadi berwarna.

______________________________________________

 BAB IV
PENUTUP

4.1 KESIMPULAN DAN SARAN

Website perusahaan PHD (Pizza Hut Delivery) yang menggunakan domain phd.co.id tersebut merupakan salah satu contoh website yang telah menerapkan komputasi modern. Website ini dapat dikatakan telah menerapkan komputasi modern karena menyediakan layanan pengguna online. Jenis layanan pengguna onlinenya adalah berjenis layanan pemesanan produk atau jasa, yang bergerak di bidang kuliner. Adapun tujuan website tersebut sama dengan tujuan dasar penerapan komputasi modern, yaitu mempermudah segala aktifitas manusia, dalam hal ini website ini ingin mempermudah aktifitas pelanggan dalam hal pemesanan produk.
Tujuan perusahaan tersebut membuat situs pemesanan online itu, selain untuk memudahkan pelanggan dalam membeli produknya, tujuan lainnya juga untuk meningkatkan penjualan produknya tersebut. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa penerapan komputasi modern dalam website layanan pemesanan online, sangat lah bermanfaat, baik untuk kemudahan pelanggan dalam pemesanan produk maupun untuk perusahaan dalam meningkatkan daya jual produknya.
Setelah menganalisa seluruh konten dan fitur yang terdapat dalam website phd.co.id, saya dapat menyimpulkan apa saja kelebihan dan kekurangan dari website tersebut dari beberapa segi.
Kelebihan dari website tersebut menurut saya pribadi, antara lain :
1.      Dari segi tampilan website
Tampilan website tersebut menurut saya cukup baik, sehingga membuat pelanggan semakin tertarik untuk membeli produk mereka. Kesimpulan saya tersebut saya nilai berdasarkan konten dan fitur yang membuat tampilan website ini menjadi menarik, seperti :
·        Konten multimedia berupa slide image di halaman utama yang berisi informasi-informasi menarik berupa promo-promo yang ditawarkan.
·        Katalog menu yang disertai gambar produk beserta keterangan lengkapnya, hal ini menjadikan pelanggan lebih jelasmengetahui bagaimana bentuk produk yang ditawarkan.
·         Tata letak konten dan fitur yang sederhana sehingga menjadikannya user friendly (tidak membuat pengguna kesulitan). seperti penempatan icon button dannavigasi hyperlink lainnya, yang mengarah ke halaman menu, profil dan lain sebagainya.
·         Layout web ini sudah menerapkan fitur responsive, dimana bila ukuran web diubah atau berubah, maka tidak mempengaruhi membuat tata letak konten maupun fiturnya menjadi acak-acakan.

2.      Dari segi kemudahan dan kecepatan akses website.
Kemudahan dan kecepatan akses website tersebut menurut saya sangat baik. Kesimpulan saya tersebut berdasarkan beberapa faktor, antara lain :
·        Walaupun dalam web tersebut banyak sekali gambar yang pada umumnya membuat reload halaman web menjadi lambat, tetapi lain halnya website ini, hal ini dibuktikan dengan hasil uji kecepatan reload web yang saya lakukan menggunakan tool speed test web yang ada di iwebtool.com dan hasilnya rata-rata kecepatannya adalah 0,04 s/kb, hasil tersebut menandakan bahwa kecepatan akses web tersebut sangat baik.
·        Kestabilan server website yang baik, dimana jarang terjadi server down yang mengakibatkan website tidak dapat diakses. Hal ini dibuktikan dengan komentar-komentar pelanggan yang tidak ada pernah mengeluh tentang website tidak dapat diakses dan saya sendiri telah mengetestnya dengan berkali-kali mencoba  mengakses website tersebut pada waktu-waktu tertentu dan hasilnya tidak pernah website tersebut tidak dapat diakses.

3.      Dari segi pelayanan pelanggan
Layanan pelanggan dalam website tersebut menurut saya cukup baik, sehingga membuat pelanggan mudah dalam proses pemesanan produk. Kesimpulan saya tersebut saya nilai berdasarkan konten dan fitur yang memudahkan pelanggan yang tersedia dalam website tersebut, seperti :
·        Mudah dalam pendaftaran member dan pengolahan data pelanggan. Dalam menu profil pelanggan, juga disertakan fitur riwayat pesanan, dimana di sana telah tercatat dengan baik riwayat pesananan yang sudah pernah dilakukan oleh pelanggan tersebut.
·        Fitur petunjuk cara pesan di bagian header website, dalam fitur tersebut berisi informasi yang jelas berupa langkah per langkah bagaimana cara pemesanan online yang benar.
·        Fitur pemilihan tipe pemesanan, dimana pelanggan dapat memilih salah satu dari 3 cara metode pemesanan yang disediakan, yaitu :
-          Delivery : pesanan akan diantarkan ke tempat pelanggan, dengan jaminan tiba dalam waktu 30 menit. Jika melewati 30 menit akan diberi kompensasi berupa 1 pizza gratis.
-          Take Away : pesanan akan dijamin siap saat pelanggan sampai di outlet, sehingga saat pelanggan sampai, dia tidak perlu menunggu lama lagi.
-          Quick Order : jika pelanggan ingin memesan pesanan yang pernah dia pesan, pelanggan bisa melakukan pemesanan secara cepat dengan memilih riwayat pemesanan yang ada pada data pelanggan.
·        Fitur poin pelanggan, dimana pelanggan akan mendapatkan poin saat transaksi pemesanan selesai. Poin tersebut dapat ditukar dengan beberapa produk bila jumlahnya sudah poinnya sudah terpenuhi.
·        Fitur cart / keranjang pemesanan, dengan ini pelanggan dapat mengetahui apa saja produk yang sudah dia pilih dan berapa jumlah biayanya.
·        Fitur pemilihan metode pembayaran yang beragam, antara lain :
-          Metode pembayaran online payment, jika memilih ini pelanggan akan diberi beberapa pilihan, antara lain : Mandiri klikPay, Kartu kredit Visa/MasterCard, Doku wallet, Debit mandiri online dan Citybank Mandiri Card
-          Metode pembayaran payment on delivery, jika memilih ini pelanggan akan diberi beberapa pilihan, antara lain : Tunai, Kartu kredit (BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan lainnya) dan Kartu debit (BCA dan lainnya)
·        Fitur pengecekan status order, dengan ini pelanggan dapat mengecek status dari pemesanan yang sedang berjalan. Dengan menggunakan order number yang diberikan saat pemesanan, pelanggan dapat mengetahui apakah pesanannya sudah diterima, sudah dikonfirmasi, sedang dibuat atau sedang diantar.
·        Fitur lokasi outlet, dengan ini pelanggan menjadi mengetahui lokasi outlet yang terdekat dengan wilayah tempat tinggalnya.

4.      Dari segi keamanan pelanggan
Keamanan dari website tersebut menurut saya cukup baik. Keamanan yang saya maksud adalah keamanan dari sisi pelanggan, dimana pelanggan tidak perlu khawatir terjadi masalah seperti pesanan tidak sampai atau transaksi pembayaran gagal. Untuk membuktikan ini saya telah mencoba sendiri melakukan transaksi pemesanan, yang pertama saya mencoba melakukan pemesanan online dengan tipe pelayanan delivery dengan metode pembayaran tunai setelah pemesanan online saya lakukan saya diberi order number untuk pengecekan status pemesanan, tidak lama ada telepon masuk dari pihak produsen yang menelpon untuk mengkonfirmasi ulang tentang pesanan yang sudah saya lakukan secara online tersebut, setelah konfirmasi ulang selesai, saat saya mengecek status order di website ternyata langsung berubah, statusnya menjadi sedang dibuat, tidak lama status pun berubah menjadi sedang diantar. Alhasil sebelum 30 menit setelah pemesanan online berlangsung, pesanan saya sudah sampai, hal ini juga membuktikan komitmen perusahaan tersebut yang menyatakan bila pesanan delivery tidak sampai dalam waktu 30 menit, maka pelanggan akan mendapatkan gratis 1 loyang pizza.

Sedangkan untuk Kekurangannya, setelah menganalisa website ini, saya pribadi tidak  menemukan banyak kekurangan, karena menurut saya dari segi konten dan fitur website ini sudah tergolong lengkap. Namun ada beberapa hal yang menurut saya yang dapat mempengaruhi kenyamanan pelanggan, antara lain :
1.      Jam operasional pesan online tidak 24 jam. Jam pesan online ini berbeda-beda tiap outletnya, untuk melihatnya informasinya tersebut, pelanggan dapat melihatnya di menu lokasi outlet. Rata-rata tiap outlet memiliki jam pesan online mulai dari jam 10 pagi sampai jam 1 malam saja. Hal ini menurut saya cukup membuat pelanggan kurang nyaman, karena mungkin saja banyak pelanggan yang ingin melakukan pemesanan diluar jam operasional tersebut.  Saran saya untuk kekurangan ini adalah dengan mengubah jam operasionalnya menjadi 24 jam, karena selain untuk membuat pelanggan nyaman, hal ini juga bisa membuat tingkat penjualan produk menjadi meningkat.
2.      Pada halaman lokasi outlet menurut saya sebaiknya ditambah fitur auto detect yang dapat mendeteksi outlet mana yang paling terdekat dengan tempat kita berada, dan ditambah fitur navigasi seperti halnya gps, Hal ini menurut saya akan sangat memudahkan pelanggan yang ingin memesan dengan tipe pelayanan takeaway, dimana pelanggan harus mengambil pesananannya sendiri ke outlet, sehingga menjadi lebih mudah untuk pelanggan mengetahui lokasi outlet terdekat dan rute untuk menuju lokasi outlet tersebut
3.      Bila pelanggan melakukan pemesanan delivery, biaya pengiriman yang dikenakan cukup besar. Dimana biaya pengiriman jauh maupun dekat dibuat otomatis sebesar 15 ribu rupiah dan tidak peduli banyak sedikitnya pesanan. Menurut saya untuk biaya pengiriman sebaiknya dalam sistem dibuat fitur untuk menghitung jarak antar lokasi outlet dan tempat pelanggan, sehingga biaya pengiriman dapat dibuat menjadi berdasarkan jarak (mis: 10 ribu rupiah per kilometer). Hal ini menurut saya jauh efisien dan adil untuk pelanggan dan perusahaan itu sendiri.
4.      Bila pelanggan melakukan pemesanan takeaway, untuk metode pembayarannya hanya dapat dilakukan dengan online payment, sehingga pelanggan harus membayarnya melalui e-banking. Menurut saya sebaiknya pelanggan diberi pilahan payment on outlet sehingga untuk pelanggan yang ingin melakukan pembayaran di outlet, dapat memilih metode pembayaran ini.
5.      Dalam fitur status pesanan. Hanya ada gambar yang menerangkan apakah pesanan sudah diterima, sudah dikonfirmasi, sedang dibuat atau sedang diantar. Namun tidak disertakan jam berapa proses tersebut mulai berlangsung dan berakhir. Untuk itu menurut saya lebih baik ditambahkan informasi tentang jam berapa pelanggan mulai memesan sampai proses pemesanan selesai, dimana pesanan sudah sampai ditangan pelanggan. Hal ini untuk memberikan informasi  kepada pelanggan tentang status pemesanan yang lebih detail.
6.      Dalam katalog menu produk, menurut saya lebih baik ditambahkan fitur untuk komentar pelanggan, sehingga pelanggan dapat mengomentari baik buruknya produk tersebut, hal ini bertujuan agar dapat membuat pelanggan baru menjadi mengetahui kualitas dari produk tersebut. Selain komentar mungkin juga bisa ditambah dengan fitur like or dislike seperti pada sosial media , sehingga dengan banyaknya point like or dislike tersebut, pelanggan juga dapat mengetahui apakah banyak atau sedikit pelanggan yang menyukai produk tersebut.


Sekian kesimpulan berupa komentar dan saran saya tentang kelebihan dan kekurangan dari website phd.co.id. Kesimpulan ini saya buat menurut pendapat pribadi berdasarkan analisa yang telah saya lakukan dan telah saya jelaskan sebelumnya. Kesimpulan ini saya buat tanpa maksud dan tujuan untuk mempromosikan atau menjatuhkan website maupun produk yang ditawarkan website tersebut. Untuk itu saya mohon maaf jika terjadi kesalahan dalam komentar maupun saran saya tersebut.

__________________

DAFTAR PUSTAKA

Penulisan ini saya buat berdasarkan pemahaman dan analisa pribadi terutama untuk bab 3 yaitu pembahasan materi dan bab 4 yaitu kesimpulan, sedangkan untuk bab 2 yaitu landasan teori, saya mengutip dari beberapa refrensi artikel website yang telah kaji dengan mengetik ulang tanpa langsung mengkopi dari sumber. Berikut ini beberapa sumber refrensi yang saya kutip :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar