TUGAS :
Cari
website perusahaan yang didalamnya terdapat penerapan komputasi modern di
berbagai bidang, sertakan tampilan website, diberi penjelasan detail, kemudian
tarik kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan dari website tersebut dalam
bentuk komentar/kesimpulan pribadi.
_________________________________________
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Seiring
perkembangan teknologi, kini komputasi modern banyak diterapkan dalam
website yang menyediakan layanan online,
seperti pemesanan barang atau jasa maupun pendaftaran diri online dalam
berbagai bidang baik kuliner, wisata, pendidikan, penjualan produk, dan lain
sebagainya.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
materi utama yaitu “Menganalisa Website Perusahaan yang Menerapan Komputasi Modern”,
maka saya mengkajinya menjadi beberapa rumusan masalah atau batasan masalah,
yaitu pemahaman dasar komputasi modern, pembahasan penerapan komputasi modern
pada website, pembahasan contoh website yang menerapkan komputasi modern dan
kesimpulan berupa komentar tentang kelebihan dan kekurangan daricontoh website
tersebut.
1.3 TUJUAN PENULISAN
Tujuan
penulisan ini adalah agar pembaca dapat memahami apa itu sebenarnya komputasi
modern, bagaimana penerapannya pada website, dan apa manfaat dari penerapannya
tersebut.
1.4 SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika penulisan ini
terdiri atas :
· BAB I : Pendahuluan
Bab ini menjelaskan latar belakang
masalah yang mendasari pembuatan penulisan, lalu disertai rumusan masalah ,
tujuan penulisan,dan sistematika penulisannya.
· BAB II : Landasan Teori
Bab ini membahas teori-teori dasar
yang berhubungan dengan materi utama yaitu mulai dari definisi komputasi, definisi
komputasi modern, karakteristik komputasi modern, jenis-jenis komputasi modern,
dan sejarah komputasi modern.
· BAB III : Pembahasan Materi.
Bab ini berisi tentang pembahasan
materi utama mulai dari pemahaman penerapan komputasi modern pada website
sampai pembahasan contoh website yang menerapkan komputasi modern.
· BAB IV: Penutup
Bab ini berisikan kesimpulan
pribadi yang didapat dari pembahasan materi.
___________________________________________________________________
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 PENGERTIAN KOMPUTASI
Komputasi
diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan
menggunakan suatu algoritma. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi
umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu
tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel.
Pada zaman sekarang ini, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan
menggunakan komputer.
Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
Bidang
ini berbeda dengan ilmu komputer, yang mengkaji komputasi, komputer dan
pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan
sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam,
pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui
penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan
teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam
ilmu tersebut.
2.2 PENGERTIAN KOMPUTASI MODERN
Komputasi modern
merupakan sebuah konsep sistem yang akan
menyelesaikan masalah matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun
algoritma yang dapat dimengerti komputer yang berguna untuk menyelesaikan suatu
masalah. Dalam komputasi modern terdapat perhitungan dan pencarian solusi dari
masalah. Perhitungan dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem,
volume, dan besar kompleksitas. Dampak positif adanya komputasi modern adalah
dapat membantu manusia untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dengan
menggunakan komputer.
2.3 KARAKTERISTIK KOMPUTASI MODERN
Komputansi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri
atas 3 macam, yaitu :
a. Komputer-komputer
penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis
perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
b. Komputer-komputer
terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
c. Komputer maupun
jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal
yang jelas.
2.4 JENIS-JENIS KOMPUTASI MODERN
Komputasi
modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile, komputasi grid, dan
Komputasi cloud. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjutnya :
a. Komputasi Bergerak
Merupakan
kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa
menggukan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat. Contoh dari perangkat
komputasi bergerak seperti GPS, smartphone, dan lain sebagainya.
b. Komputasi Grid
Menggunakan
komputer yang terpisah oleh geografis, didistribusikan dan terhubung oleh jaringan
untuk menyelesaikan masalah komputasi yang besar.
c. Komputasi Cloud
Merupakan
komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan
layanan melalui internet.
2.5 SEJARAH KOMPUTASI MODERN
Kata “komputer”
pertama kali pada tahun 1613, hal ini mengacu pada perhitungan aritmatika dan
kata “komputer” digunakan dalam pengertian itu sampai pertengahan abad ke-20.
Dari akhir abad ke-19 dan seterusnya. Berkembanganya komputer akhirnya makna
komputer menjadi sebuah mesin yang melakukan komputasi. Sejarah komputer modern
dimulai dengan dua teknologi yang terpisah- perhitungan otomatis dan
dapat di program-tapi tidak ada satu perangkat pun yang dapat dikatakan sebagai
komputer, karena sebagian penerapan yang tidak konsisten istilah
tersebut. Contoh-contoh awal perangkat penghitung mekanis termasuk sempoa (yang
berasal dari sekitar 150-100 SM). Seorang pahlawan dari Alexandria
(sekitar 10-70 AD) membangun sebuah teater mekanis yang diadakan bermain
berlangsung 10 menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks dengan
tali dan drum yang dipakai sebagai sarana untuk memutuskan bagian dari
mekanisme. Ini adalah inti dari programmability. Salah satu tokoh yang sangat
mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957),
Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern.VonNeumann
telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih
dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu
komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga
merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los
Alamos pada Perang Dunia II lalu.
Sejarah singkat dari perjalanan hidup dari Von Neumann , dilahirkan di Budapest, Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit.Nama keluarga diletakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris, nama orang tuanya menjadi Max Neumann. Pada saat Max Neumann memperoleh gelar, maka namanya berubah menjadi Von Neumann. Setelah bergelar doktor dalam ilmu hukum, dia menjadi pengacara untuk sebuah bank. Pada tahun 1903, Budapest merupakan tempat lahirnya para manusia genius dari bidang sains, penulis, seniman dan musisi. Von Neumann belajar berbagai tempat dan beberapa tempatnya di Berlin dan Zurich. Di tempat itu beliau mendapatkan diploma pada bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada tahun yang sama dia mendapatkan gelar doktor pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Keahlian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam bidang matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya. Beliau pernah mengajar di Berlin dan Hamburg, Von Neumann pindah ke Amerika pada tahun 1930 dan bekerja di Universitas Princeton pada saat yang bersamaan Von Neumann menjadi salah satu pendiri Institute for Advanced Studies.
Von Neumann sangat tertarik pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.
Berikut ini beberapa contoh komputasi modern sampai dengan lahirnya ENIAC :
Sejarah singkat dari perjalanan hidup dari Von Neumann , dilahirkan di Budapest, Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit.Nama keluarga diletakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris, nama orang tuanya menjadi Max Neumann. Pada saat Max Neumann memperoleh gelar, maka namanya berubah menjadi Von Neumann. Setelah bergelar doktor dalam ilmu hukum, dia menjadi pengacara untuk sebuah bank. Pada tahun 1903, Budapest merupakan tempat lahirnya para manusia genius dari bidang sains, penulis, seniman dan musisi. Von Neumann belajar berbagai tempat dan beberapa tempatnya di Berlin dan Zurich. Di tempat itu beliau mendapatkan diploma pada bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada tahun yang sama dia mendapatkan gelar doktor pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Keahlian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam bidang matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya. Beliau pernah mengajar di Berlin dan Hamburg, Von Neumann pindah ke Amerika pada tahun 1930 dan bekerja di Universitas Princeton pada saat yang bersamaan Von Neumann menjadi salah satu pendiri Institute for Advanced Studies.
Von Neumann sangat tertarik pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.
Berikut ini beberapa contoh komputasi modern sampai dengan lahirnya ENIAC :
·
Konrad Zuse’s
electromechanical “Z mesin”.Z3 (1941) sebuah mesin pertama menampilkan biner
aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programmability. Pada
tahun 1998, Z3 operasional pertama di dunia komputer itu di anggap sebagai
Turing lengkap.
·
Berikutnya
Non-programmable Atanasoff-Berry Computer yang di temukan pada tahun 1941
alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan
regeneratif memori kapasitor.Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk
menjadi jauh lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).
·
Selanjutnya komputer
Colossus ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan untuk membatasi kemampuan
program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung
dapat digunakan lebih baik dan elektronik reprogrammable.Komputer ini digunakan
untuk memecahkan kode perang Jerman.
·
The Harvard Mark I
ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elektromekanis
dengan programmability terbatas.
·
Lalu lahirlah US
Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC ditemukan pada tahun 1946, komputer
ini digunakan unutk menghitung desimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai
tujuan umum pertama komputer elektronik (ENIAC merupaka generasi yang
sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse ’s Z3
yang ditemukan padatahun 1941).
____________________________________
BAB III
PEMBAHASAN MATERI
3.1 PENERAPAN KOMPUTASI MODERN PADA WEBSITE
Komputasi modern kini banyak diterapkan pada website
perusahaan di berbagai bidang yang memanfaatkan komputasi modern berbentuk layanan
pengguna online. Dengan layanan pengguna online ini dapat membuat penggunanya
menjadi sangat terbantu untuk melakukan berbagai proses aktifitas, seperti :
·
Situs pembelian atau pemesanan produk atau
jasa online.
Contohnya : situs jual beli online, pemesanan hotel,
pemesanan jasa dan lain sebagainya.
·
Situs pendaftaran diri online
Contohnya : situs yang menyediakan layanan pendaftaran
online seperti untuk melamar kerja, masuk sekolah, daftar kursus dan lain
sebagainya.
·
Situs penyimpanan data online
Contohnya : situs yang menyediakan layanan penyimpanan
data online berbasis cloud seperti google drive, skydrive, dropbox dan lain
sebagainya.
·
Situs Pembelajaran diri online
Contoh : situs kursus online atau multimedia pembelajaran
online.
·
Situs internet banking
Contoh : situs ebanking yang dimana pengguna dapat
melakukan transaksi, pembayaran dna transaksi lainnya melalui internet.
3.2 PEMBAHASAN CONTOH WEBSITE YANG MENERAPKAN KOMPUTASI MODERN
Untuk memahami penerapan komputasi modern pada website dan fungsinya,
selanjutnya di sini saya akan membahas sebuah website yang menerapkan koputasi
modern. Contoh yang saya ambil adalah website perusahan yang menerapkan layanan
pemesanan produk atau jasa yang bergerak di bidang kuliner yaitu PHD (Pizza Hut
Delivery) yang menggunakan domain phd.co.id.
Yang akan saya bahas tentang website tersebut adalah tentang pembahasan konten
dan fitur apa saja yang ada di website tersebut. Berikut ini adalah berbagai
konten dan fitur yang terdapat pada website tersebut :
3.2.1
Halaman Utama
Tampilan halaman utama seperti di bawah ini.
gambar
1
: tampilan halaman utama
Disana
terdapat beberapa tab navigasi menu antara
lain :
·
menu
: untuk melihat katalog menu makanan serta minuman yang dijual. Tab menu ini
memiliki beberapa sub menu yaitu kategori dari jenis makanan dan minumannya.
·
paket
: untuk melihat katalog paket menu yang disediakan.
·
hot
promo : untuk melihat katalog menu yang sedang diskon pada waktu tersebut
·
profil
saya : untuk melihat informasi tentang pelanggan seperti data pribadi, poin,
riwayat pemesanan, voucher serta registrasi akun baru.
·
lokasi
outlet : untuk melihat daftar outlet PHD yang terdapat diberbagai wilayah di
indonesia.
·
cerita
phd : untuk melihat berbagai artikel tentang PHD.
gambar
2
: tab menu navigasi
Pada
bagian atas terdapat beberapa tombol dan keterangan antara lain :
·
tombol
sign in dan register : apabila pelanggan
sudah memiliki akun dapat langsung masuk menggunakan tombol sign in, jika belum
memiliki akun dapat menggunakan tombol register. Sebelumnya apa bila pelanggan
belum login keterangannya bertuliskan “Welcome, Guest”namun jika pelangggan
sudah masuk menggunakan akunnya maka keterangan tersebut akan berubah menjadi
nama pelanggan, contohnya “Welcome, Edho”. Keterangan ini cukup bermanfaat agar
tidak ada keliruan atas akun yang sedang digunakan.
·
Tombol
status order : digunakan untuk mengecek status pesanan yang sedang diproses.
Untuk mengeceknya pelanggan cukup memasukan order number saat pemesan atau
email pelanggan. Layanan ini bermanfaat agar pelanggan dapat mudah
mengkonfirmasi status pemesanannya apakah pesanan sedang dibuat atau sedang
dalam perjalan.
·
Tombol
petunjuk cara pesan : berisi informasi tentang cara pesan. Layanan ini
bermanfaat untuk pelanggan baru agar dapat mudah memahami langkah pemesanan
yang benar.
·
Tombol
keranjang : digunakan untuk melihat daftar pesanan pelanggan, di sebelah tombol
tersebut juga terdapat keterangan total harga yang harus dibayar.
gambar
3
: beberapa tombol dan keterangan pada bagian atas web
Pada bagian tengah
terdapat slide animasi yang cukup besar, terdiri dari 5 slide untuk menampilkan
gambar berisi informasi promo-promo yang bertujuan membuat pelanggan tertarik,
slide tersebut berganti otomatis dalam waktu 5 detik. Di bawah slide tersebut
juga berisi 3 kolom gambar yang bertujuan sama untuk menarik pelanggan.
gambar
4
: slide gambar pada bagian tengah web
Pada bagian bawah berisi
beberapa link yaitu link yang sama seperti pada tab menu navigasi. Disamping
itu juga terdapat beberapa tomboluntuk mengunjungi media sosial mereka.
gambar
5
: beberapa link pada bagian bawah web
3.2.2
Halaman Menu
Untuk masuk ke halaman ini dapat
melalui tab menu diatas atau link pada bagian bawah website, lalu pilih salah
satu sub menu yang ingin dilihat, contohnya menu pizza . Tampilan halaman menu
pizza seperti di bawah ini.
gambar
6
: tampilan halaman menu pizza
Dalam halaman ini terdapat berbagai
macam pizza yang dapat dipesan yang dipetakan sehingga berbentuk katalog. Pada tiap
petak memiliki beberapa elemen yang sama, antara lain :
·
Gambar
produk : menampilkan gambar jelas tentang produk tersebut
·
Nama
produk : menampilkan nama dari produk tersebut.
·
Keterangan
produk : menampilkan kalimat singkat tentang produk tersebut.
·
Harga
produk : menampilkan harga dari produk tersebut.
·
Tombol
pesan : untuk memesan produk tersebut dan memasukkannya ke keranjang pelanggan.
·
Tombol
combo box 1 : digunakan pelanggan untuk
memilih pinggiran dari pizza.
·
Tombol
combo box 2 : digunakan pelanggan untuk memilih ukuran pizza.
·
Tombol
check box : dua buah check box tersebut digunakan pelanggan jika ingin
menambahkan ekstra keju untuk pizzanya.
Dalam halaman kategori menu lainnya tampilannya juga sama
dengan menu pizza, bedanya untuk tombol combo box dan check box hanya khusus
ada pada katalog pizza.
gambar
7
: petak katalog produk
3.2.3
Halaman Paket
Untuk masuk ke halaman ini dapat
melalui tab menu diatas atau link pada bagian bawah website. Tampilan halaman
paket seperti di bawah ini.
gambar
8
: tampilan halaman paket
Tampilan halaman ini juga berbentuk katalog dan memiliki
elemen-elemen yang sama seperti katalog pada halaman menu. Yang membedakan
hanya informasinya saja, pada halaman ini menu yang ditampilkan berupa
paket-paket yang tersedia.
3.2.4
Halaman Hot Promo
Untuk masuk ke halaman ini dapat
melalui tab menu diatas atau link pada bagian bawah website. Tampilan halaman hot
promo seperti di bawah ini.
gambar
9
: tampilan halaman hot promo
Tampilan halaman ini juga
berbentuk katalog dan memiliki elemen-elemen yang sama seperti katalog pada
halaman menu dan paket. Yang membedakan hanya informasinya saja, pada halaman
ini menu yang ditampilkan berupa menu yang pada saat itu sedang promo baik
mendapat bonus maupun diskon.
3.2.5
Halaman Profil Saya
Untuk masuk ke halaman ini dapat
melalui tab menu diatas atau link pada bagian bawah website. Tampilan halaman profil
saya seperti di bawah ini.
gambar
10
: tampilan halaman profil saya
Pada halaman ini terdapat 4 sub menu yaitu :
·
Data
pribadi : berisi informasi tentang akun yang sedang login, ada beberapa
informasi yaitu nama, telepon, email, poin, dan alamat pengiriman. Informasi
tersebut dapat diubah dengan cara menekan tombol ubah profil.
·
Poin
: berisi informasi tentang poin yang dimiliki pelanggan tersebut, poin
didapatkan pelanggan tiap pemesanan sebagai bentuk bonus. menariknya disana juga disertakan katalog menu
dimana pelanggan dapat memilih apakah
dia hendak menukarkan poin yang dia miliki dengan menu-menu tersebut.
·
Riwayat
pemesanan : berisi informasi tentang riwayat pemesanan yang telah dilakukan
pelanggan. Website ini juga memiliki layanan quick order dimana pelanggan dapat
pesan cepat pesanan lamanya dengan memilih riwayat pemesanannya tersebut.
·
Voucher
: disni pelanggan dapat menukarkan poinnya dengan voucher.
3.2.6
Halaman Lokasi Outlet
Untuk masuk ke halaman ini dapat
melalui tab menu diatas atau link pada bagian bawah website. Tampilan halaman lokasi
outlet seperti di bawah ini.
gambar
11
: tampilan halaman lokasi outlet
Disini pelanggan dapat
mencari informasi tentang lokasi outlet yang terletak di berbagai wilayah
diindonesia. Halaman ini memiliki beberapa elemen, antara lain :
·
Tombol
combo box di samping title lokasi outlet : tombol box tersebut digunakan
pelanggan untuk memilih wilayahnya. Klik tombol tersebut dan akan muncul
pilihannya.
·
List
box di samping kiri : list box ini menampilkan beberapa lokasi outlet yang
terletak pada wilayah yang pelanggan pilih. Pada list ini juga berisi
keterangan lengkap tentang outlet tersebut seperti alamat, telepon, dan jam
operasional.
·
Peta
lokasi outlet di samping kanan : Saat pelanggan mengklik lokasi outlet pada
list box di samping kiri maka pada samping kanan akan muncul peta lokasi outlet
tersebut. Peta lokasi ini memanfaatkan teknologi google map api, dengan google
map ini pelanggan dapat melihat peta yang akurat berbentuk map, satelit maupun
view 360.
3.2.7
Halaman Cerita PHD
Untuk masuk ke halaman ini dapat
melalui tab menu diatas. Tampilan halaman cerita phd seperti di bawah ini.
gambar
12
: tampilan halaman cerita phd
Halaman ini menampilkan
beberapa artikel, seperti blog pada umumnya, halaman artikel ini berbentuk list
box, yang memiliki elemen judul artikel, gambar artikel, sedikit kutipan isi
artikel dan tombol read more untuk membaca artikel lengkapnya.
3.2.8
Halaman Pesanan Saya
Untuk masuk ke halaman
ini dapat dengan mengklik ikon keranjang pada bagian atas web. Bila pelanggan
belum memilih pesanan maka halaman ini akan kosong, untuk memilih pesanan yang
pelanggan inginkan, cukup dengan menekan tombol pesan yang terdapat di katalog
menu, paket, maupun hot promo. Pada pertama kali pemesanan pelanggan akan
diberi 3 pilihan yaitu ingin quick older dengan keterangan pesan cepat pesanan
lama, delivery dengan keterangan 30 menit dijamin tiba atau gratis 1 pizza
maupun take away dengan keterangan pesanan sudah siap dibawa saat pelanggan
sampai dioutlet. Tampilan halaman pesanan saya seperti di bawah ini.
gambar
13
: tampilan halaman pesanan saya
Disini terdapat beberapa elemen
antara lain :
·
List
produk yang telah dipesan : dilengkapi pilihan jumlah pesanan, keterangan harga
dan hapus pesanan.
·
Keterangan
subtotal : merupakan hasil dari jumlah list pesanan diatasnya
·
Keterangan
delivery fee : merupakan biaya untuk pengiriman jika pelanggan memilih
pemesanan delivery.
·
Keterangan
tax : merupakan pajak yang harus dibayar. Pajak ini otomatis sebesar 10%.
·
Keterangan
total : merupakan hasil penjumlahan subtotal, delivery fee dan tax.
·
Tombol
ulangi dari awal : untuk mereset pesanan atau menghapus seluruh pesanan.
·
Tombol
ubah pesanan : untuk mengubah pesanan
·
Tombol
pembayaran : digunakan pelanggan untuk masuk ke halaman komfirmasi pesanan.
3.2.9
Halaman Konfirmasi Pesanan
Untuk masuk ke halaman
ini dapat dengan mengklik tombol pembayaran pada pesanan saya. Tampilan halaman
konfirmasi pesanan antar tipe layanan takeaway dan delivery sedikit berbeda,
tampilan seperti di bawah ini.
Gambar 14
: tampilan halaman konfirmasi pesanan (tipe pelayanan takeaway)
Gambar 15
: tampilan halaman konfirmasi pesanan (tipe pelayanan delivery)
Di halaman ini pelanggan
dapat mengecek kembali data diri dan data pesananya. Untuk tipe pelayanan take
away dan delivery terdapat perbedaan dalam metode pembayarannya, jika takeaway
pilihan metode pembayarannya hanya ada online payment (..), sedangkan untuk
tipe pelayanan delivery selain online payment juga ada metode payment on
delivery dimana pelanggan bisa membayar di tempat saat pesanan sampai tujuan.
Untuk tipe pelayanan delivery juga ada prosedur khusus yaitu jika pemesan login
sebagai guest maka pelanggan hanya bisa melakukan metode pembayaran secara
payment on delivery, sedangkan jika login sebagai member pelanggan akan diberi
pilihan metode pembayaran yaitu secara online payment dan payent on delivery.
Untuk
metode pembayaran online payment, ada beberapa pilihan, antara lain :
·
Mandiri
klikPay
·
Kartu
kredit Visa/MasterCard
·
Doku
wallet
·
Debit
mandiri online
·
Citybank
Mandiri Card
Sedangkan,
untuk metode pembayaran payment on delivery, ada beberapa pilihan, antara lain
:
·
Tunai
·
Kartu
kredit (BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan lainnya)
·
Kartu
debit (BCA dan lainnya)
3.2.10
Halaman Order Complete
Jika pelanggan sudah mengkonfirmasi baik data diri maupun
data pesanannya dan telah memilih metode pembayaran apa yang ingin dipakai,
maka selanjutnya pelanggan cukup menekan tombol lanjut. Jika pelanggan memilih
metode pembayaran online payment maka pelanggan akan diarahkan ke situs
ebanking yang dia pilih, misal dia memilih Debit mandiri online maka akan
diarahkan ke situs ebanking dari debit mandiri online dulu dan jika transaksi
sudah dibayarkan, pelanggan secara otomatis akan diarahkan kembali ke situs phd
dan diberi order number. Sedangkan jika pelanggan memilih payment on delivery,
dan memilih pilihan misal ingin tunai maka pelanggan akan diarahkan ke halaman
order complete dan disitu akan diberi order number, dimana order tersebut dapat
dilakukan untuk mengecek status pesanannya. Tampilan halaman order complete
seperti ini :
Gambar 16
: tampilan halaman order complete
3.2.11
Halaman Order Status
Untuk masuk ke halaman
order status, bisa dengan menekan tombol status order yang ada di bagian header
website. Tampilan halaman order status akan seperti ini.
Gambar 17
: tampilan halaman order status
Pada halaman
ini ada beberapa komponen, antara lain :
·
Kolom
Input : kolom input tersebut untuk memasukan order number atau email saat
melakukan pemesanan.
·
Tombol
Search : setelah pelanggan memasukan order number maka harus menekan tombol ini
untuk mencari tahu bagaimana status pesanannya.
·
Image
Description : disana ada 4 buah gambar yang menggambarkan urutan status mulai
dari pesanan sudah diterima, pesanan sudah dikonfirmasi, pesanan sedang dibuat,
dan pesanan sedang diantar. Menariknya
saat pelanggan sudah menginput order number dan telah mengklik tombol search
maka status order akan dijelaskan dengan gambar tersebut menyalanya atau
menjadi berwarna.
______________________________________________
BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN DAN SARAN
Website perusahaan PHD
(Pizza Hut Delivery) yang menggunakan domain phd.co.id tersebut merupakan salah satu contoh website yang telah
menerapkan komputasi modern. Website ini dapat dikatakan telah menerapkan
komputasi modern karena menyediakan layanan pengguna online. Jenis layanan
pengguna onlinenya adalah berjenis layanan pemesanan produk atau jasa, yang
bergerak di bidang kuliner. Adapun tujuan website tersebut sama dengan tujuan
dasar penerapan komputasi modern, yaitu mempermudah segala aktifitas manusia,
dalam hal ini website ini ingin mempermudah aktifitas pelanggan dalam hal pemesanan
produk.
Tujuan perusahaan
tersebut membuat situs pemesanan online itu, selain untuk memudahkan pelanggan
dalam membeli produknya, tujuan lainnya juga untuk meningkatkan penjualan
produknya tersebut. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa penerapan komputasi
modern dalam website layanan pemesanan online, sangat lah bermanfaat, baik
untuk kemudahan pelanggan dalam pemesanan produk maupun untuk perusahaan dalam
meningkatkan daya jual produknya.
Setelah menganalisa
seluruh konten dan fitur yang terdapat dalam website phd.co.id, saya dapat
menyimpulkan apa saja kelebihan dan kekurangan dari website tersebut dari
beberapa segi.
Kelebihan dari
website tersebut menurut saya
pribadi, antara lain :
1. Dari segi tampilan website
Tampilan website tersebut menurut saya cukup baik, sehingga membuat
pelanggan semakin tertarik untuk membeli produk mereka. Kesimpulan saya
tersebut saya nilai berdasarkan konten dan fitur yang membuat tampilan website
ini menjadi menarik, seperti :
·
Konten
multimedia berupa slide image di halaman utama yang berisi informasi-informasi
menarik berupa promo-promo yang ditawarkan.
·
Katalog
menu yang disertai gambar produk beserta keterangan lengkapnya, hal ini
menjadikan pelanggan lebih jelasmengetahui bagaimana bentuk produk yang ditawarkan.
·
Tata letak konten dan fitur yang sederhana
sehingga menjadikannya user friendly
(tidak membuat pengguna kesulitan). seperti penempatan icon button dannavigasi
hyperlink lainnya, yang mengarah ke halaman menu, profil dan lain sebagainya.
·
Layout web ini sudah menerapkan fitur responsive, dimana bila ukuran web
diubah atau berubah, maka tidak mempengaruhi membuat tata letak konten maupun
fiturnya menjadi acak-acakan.
2. Dari segi kemudahan dan kecepatan
akses website.
Kemudahan dan kecepatan akses website tersebut menurut saya sangat baik.
Kesimpulan saya tersebut berdasarkan beberapa faktor, antara lain :
·
Walaupun
dalam web tersebut banyak sekali gambar yang pada umumnya membuat reload
halaman web menjadi lambat, tetapi lain halnya website ini, hal ini dibuktikan
dengan hasil uji kecepatan reload web yang saya lakukan menggunakan tool speed
test web yang ada di iwebtool.com dan
hasilnya rata-rata kecepatannya adalah 0,04 s/kb, hasil tersebut menandakan
bahwa kecepatan akses web tersebut sangat baik.
·
Kestabilan
server website yang baik, dimana jarang terjadi server down yang mengakibatkan
website tidak dapat diakses. Hal ini dibuktikan dengan komentar-komentar
pelanggan yang tidak ada pernah mengeluh tentang website tidak dapat diakses
dan saya sendiri telah mengetestnya dengan berkali-kali mencoba mengakses website tersebut pada waktu-waktu
tertentu dan hasilnya tidak pernah website tersebut tidak dapat diakses.
3. Dari segi pelayanan pelanggan
Layanan pelanggan dalam website tersebut menurut saya cukup baik,
sehingga membuat pelanggan mudah dalam proses pemesanan produk. Kesimpulan saya
tersebut saya nilai berdasarkan konten dan fitur yang memudahkan pelanggan yang
tersedia dalam website tersebut, seperti :
·
Mudah
dalam pendaftaran member dan pengolahan data pelanggan. Dalam menu profil
pelanggan, juga disertakan fitur riwayat pesanan, dimana di sana telah tercatat
dengan baik riwayat pesananan yang sudah pernah dilakukan oleh pelanggan
tersebut.
·
Fitur
petunjuk cara pesan di bagian header website, dalam fitur tersebut berisi
informasi yang jelas berupa langkah per langkah bagaimana cara pemesanan online
yang benar.
·
Fitur
pemilihan tipe pemesanan, dimana pelanggan dapat memilih salah satu dari 3 cara
metode pemesanan yang disediakan, yaitu :
-
Delivery
: pesanan akan diantarkan ke tempat pelanggan, dengan jaminan tiba dalam waktu
30 menit. Jika melewati 30 menit akan diberi kompensasi berupa 1 pizza gratis.
-
Take
Away : pesanan akan dijamin siap saat pelanggan sampai di outlet, sehingga saat
pelanggan sampai, dia tidak perlu menunggu lama lagi.
-
Quick
Order : jika pelanggan ingin memesan pesanan yang pernah dia pesan, pelanggan
bisa melakukan pemesanan secara cepat dengan memilih riwayat pemesanan yang ada
pada data pelanggan.
·
Fitur
poin pelanggan, dimana pelanggan akan mendapatkan poin saat transaksi pemesanan
selesai. Poin tersebut dapat ditukar dengan beberapa produk bila jumlahnya
sudah poinnya sudah terpenuhi.
·
Fitur
cart / keranjang pemesanan, dengan ini pelanggan dapat mengetahui apa saja
produk yang sudah dia pilih dan berapa jumlah biayanya.
·
Fitur
pemilihan metode pembayaran yang beragam, antara lain :
-
Metode
pembayaran online payment, jika memilih ini pelanggan akan diberi beberapa
pilihan, antara lain : Mandiri klikPay, Kartu kredit Visa/MasterCard, Doku
wallet, Debit mandiri online dan Citybank Mandiri Card
-
Metode
pembayaran payment on delivery, jika memilih ini pelanggan akan diberi beberapa
pilihan, antara lain : Tunai, Kartu kredit (BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan lainnya)
dan Kartu debit (BCA dan lainnya)
·
Fitur
pengecekan status order, dengan ini pelanggan dapat mengecek status dari
pemesanan yang sedang berjalan. Dengan menggunakan order number yang diberikan
saat pemesanan, pelanggan dapat mengetahui apakah pesanannya sudah diterima,
sudah dikonfirmasi, sedang dibuat atau sedang diantar.
·
Fitur
lokasi outlet, dengan ini pelanggan menjadi mengetahui lokasi outlet yang
terdekat dengan wilayah tempat tinggalnya.
4. Dari segi keamanan pelanggan
Keamanan dari website tersebut menurut saya cukup baik. Keamanan yang saya
maksud adalah keamanan dari sisi pelanggan, dimana pelanggan tidak perlu
khawatir terjadi masalah seperti pesanan tidak sampai atau transaksi pembayaran
gagal. Untuk membuktikan ini saya telah mencoba sendiri melakukan transaksi
pemesanan, yang pertama saya mencoba melakukan pemesanan online dengan tipe
pelayanan delivery dengan metode pembayaran tunai setelah pemesanan online saya
lakukan saya diberi order number untuk pengecekan status pemesanan, tidak lama
ada telepon masuk dari pihak produsen yang menelpon untuk mengkonfirmasi ulang
tentang pesanan yang sudah saya lakukan secara online tersebut, setelah
konfirmasi ulang selesai, saat saya mengecek status order di website ternyata
langsung berubah, statusnya menjadi sedang dibuat, tidak lama status pun
berubah menjadi sedang diantar. Alhasil sebelum 30 menit setelah pemesanan
online berlangsung, pesanan saya sudah sampai, hal ini juga membuktikan
komitmen perusahaan tersebut yang menyatakan bila pesanan delivery tidak sampai
dalam waktu 30 menit, maka pelanggan akan mendapatkan gratis 1 loyang pizza.
Sedangkan untuk Kekurangannya, setelah menganalisa
website ini, saya pribadi tidak menemukan banyak kekurangan, karena menurut
saya dari segi konten dan fitur website ini sudah tergolong lengkap. Namun ada
beberapa hal yang menurut saya yang dapat mempengaruhi kenyamanan pelanggan,
antara lain :
1. Jam operasional pesan online tidak 24
jam. Jam pesan online ini berbeda-beda tiap outletnya, untuk melihatnya
informasinya tersebut, pelanggan dapat melihatnya di menu lokasi outlet.
Rata-rata tiap outlet memiliki jam pesan online mulai dari jam 10 pagi sampai
jam 1 malam saja. Hal ini menurut saya cukup membuat pelanggan kurang nyaman,
karena mungkin saja banyak pelanggan yang ingin melakukan pemesanan diluar jam
operasional tersebut. Saran saya untuk
kekurangan ini adalah dengan mengubah jam operasionalnya menjadi 24 jam, karena
selain untuk membuat pelanggan nyaman, hal ini juga bisa membuat tingkat
penjualan produk menjadi meningkat.
2. Pada halaman lokasi outlet menurut
saya sebaiknya ditambah fitur auto detect yang dapat mendeteksi outlet mana
yang paling terdekat dengan tempat kita berada, dan ditambah fitur navigasi
seperti halnya gps, Hal ini menurut saya akan sangat memudahkan pelanggan yang
ingin memesan dengan tipe pelayanan takeaway, dimana pelanggan harus mengambil
pesananannya sendiri ke outlet, sehingga menjadi lebih mudah untuk pelanggan
mengetahui lokasi outlet terdekat dan rute untuk menuju lokasi outlet tersebut
3. Bila pelanggan melakukan pemesanan
delivery, biaya pengiriman yang dikenakan cukup besar. Dimana biaya pengiriman
jauh maupun dekat dibuat otomatis sebesar 15 ribu rupiah dan tidak peduli
banyak sedikitnya pesanan. Menurut saya untuk biaya pengiriman sebaiknya dalam
sistem dibuat fitur untuk menghitung jarak antar lokasi outlet dan tempat
pelanggan, sehingga biaya pengiriman dapat dibuat menjadi berdasarkan jarak
(mis: 10 ribu rupiah per kilometer). Hal ini menurut saya jauh efisien dan adil
untuk pelanggan dan perusahaan itu sendiri.
4. Bila pelanggan melakukan pemesanan
takeaway, untuk metode pembayarannya hanya dapat dilakukan dengan online
payment, sehingga pelanggan harus membayarnya melalui e-banking. Menurut saya
sebaiknya pelanggan diberi pilahan payment on outlet sehingga untuk pelanggan
yang ingin melakukan pembayaran di outlet, dapat memilih metode pembayaran ini.
5. Dalam fitur status pesanan. Hanya ada
gambar yang menerangkan apakah pesanan sudah diterima, sudah dikonfirmasi,
sedang dibuat atau sedang diantar. Namun tidak disertakan jam berapa proses
tersebut mulai berlangsung dan berakhir. Untuk itu menurut saya lebih baik
ditambahkan informasi tentang jam berapa pelanggan mulai memesan sampai proses
pemesanan selesai, dimana pesanan sudah sampai ditangan pelanggan. Hal ini
untuk memberikan informasi kepada
pelanggan tentang status pemesanan yang lebih detail.
6. Dalam katalog menu produk, menurut
saya lebih baik ditambahkan fitur untuk komentar pelanggan, sehingga pelanggan
dapat mengomentari baik buruknya produk tersebut, hal ini bertujuan agar dapat
membuat pelanggan baru menjadi mengetahui kualitas dari produk tersebut. Selain
komentar mungkin juga bisa ditambah dengan fitur like or dislike seperti pada
sosial media , sehingga dengan banyaknya point like or dislike tersebut,
pelanggan juga dapat mengetahui apakah banyak atau sedikit pelanggan yang
menyukai produk tersebut.
Sekian kesimpulan berupa
komentar dan saran saya tentang kelebihan dan kekurangan dari website phd.co.id.
Kesimpulan ini saya buat menurut pendapat pribadi berdasarkan analisa yang
telah saya lakukan dan telah saya jelaskan sebelumnya. Kesimpulan ini saya buat
tanpa maksud dan tujuan untuk mempromosikan atau menjatuhkan website maupun
produk yang ditawarkan website tersebut. Untuk itu saya mohon maaf jika terjadi
kesalahan dalam komentar maupun saran saya tersebut.
__________________
DAFTAR PUSTAKA
Penulisan
ini saya buat berdasarkan pemahaman dan analisa pribadi terutama untuk bab 3
yaitu pembahasan materi dan bab 4 yaitu kesimpulan, sedangkan untuk bab 2 yaitu
landasan teori, saya mengutip dari beberapa refrensi artikel website yang telah
kaji dengan mengetik ulang tanpa langsung mengkopi dari sumber. Berikut ini
beberapa sumber refrensi yang saya kutip :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar