Sabtu, 19 Maret 2016

Tulisan Pribadi tentang Pengalaman dalam Dunia IT

             Perkenalkan nama saya Edho Pratama Bisma Andika lahir di Depok pada tanggal 12 Agustus 1994. Saat ini saya tengah menjalani studi jenjang S1 jurusan Teknik Informatika di Universitas Gunadarma. Alasan saya memilih jurusan tersebut karena ketertarikan saya terhadap perkembangan teknologi yang berkembang sangat pesat yang membuat segala sesuatunya kini telah dikomputerisasikan, selain itu juga karena saya adalah lulusan dari SMK jurusan Teknik Komputer dan Pemrograman Jaringan, dimana selama di SMK saya sudah mendapatkan pengetahuan dasar dan keterampilan yang dapat menunjang pembelajaran saat kini kuliah, karena itulah menurut saya lanjut ke jurusan Teknik Informatika adalah pilihan yang tepat.

            Disini saya ingin bercerita pengalaman saya di bidang IT mulai dari masa SD sampai kini masa perkuliahan. Saat SD saya belum memiliki ketertarikan sama sekali dengan dunia IT. Saat SD hobby saya adalah menggambar. Karena hobby saya itu, saya sempat beberapa kali mengikuti dan menjuarai lomba menggambar dan mewarnai. Semasa SMP saya mulai menyukai bidang grafik 2 dimensi, karena itu saya sempat mengikuti kursus digital painting, mulai dari sana lah saya menjadi akrab dengan perangkat lunak desain grafis 2 Dimensi seperti Photoshop, CorelDraw dan Sai tool. Setelah lulus SMP karena dasarnya saya menyukai grafik 2 dimensi, secara tidak langsung saya juga menjadi suka dengan komputer, dan saya menjadi tertarik untuk mempelajari komputer lebih dalam. Akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan ke SMK komputer saja, dan saya memilih jurusan Teknik Komputer dan Pemrograman Jaringan, alasannya karena jurusan tersebut mempelajari komputer lebih dalam mulai dari perangkat keras, perangkat lunak, sampai jaringan komputer.
            Semasa SMK saya telah dibekali  pengetahuan umum seputar dunia komputer melalui beberapa mata pelajaran produktif yang berkaitan dengan sistem komputer dan jaringan komputer. Selain teori disana keterampilan saya juga diasah mulai dari merakit komputer dengan baik, mencari kerusakan dan solusi perbaikan komputer,  menginstal dan mengoperasikan sistem operasi berbasis GUI dan teks, hingga menginstal dan memperbaiki jaringan komputer. Karena banyaknya teori dan praktik yang di dapat, saya  menjadi akrab dengan komputer dan jaringan. Di masa sekolah dulu, saya diberi kepercayaan untuk menjadi ketua asisten lab komputer dan jaringan sekolah, dimana saya harus melakukan perawatan rutin pada komputer dan jaringan yang ada di sekolah, pengalaman ini membuat saya menemukan masalah kerusakan yang berbagai macam dan saya jadi dituntut untuk menemukan solusi atas berbagai macam kerusakan tersebut.
            Mulai dari kelas 2 SMK, entah mengapa mulai dari teman-teman, keluarga bahkan tetangga saya sering kali meminta bantuan untuk memperbaiki komputer maupun jaringan internet mereka, sering kali mereka menitipkan komputer atau laptopnya kepada saya untuk diperbaiki, karena saya masih belajar waktu itu saya tidak berpikir untuk mengkomersilkan keterampilan tersebut, maka dengan senang hati saya mengerjakannya karena dengan itu saya sendiri juga secara langsung  menjadi tahu berbagai banyak kerusakan dan bagaimana memperbaikinya.
            Pada kelas 2 SMK saya juga diwajibkan untuk praktek kerja lapangan, waktu itu saya harus mencari perusahaan yang bergerak di bidang yang sama dengan jurusan saya, akhirnya saya memilih untuk magang di perusahaan Astro Computer yang berletak di Kelapa Dua Depok, perusahaan tersebut bergerak dibidang distributor dan perbaikan komputer, saya mangang disana selama 2 bulan. Pada bulan pertama saya ditempatkan di divisi Marketing, dimana saya bekerja melayani pembeli, disini saya dituntut untuk mengetahui merk, tipe, dan deskripsi lengkap berbagai macam perangkat maupun aksesoris komputer yang ada agar dapat melayani pembeli dengan baik. Kemudian pada bulan kedua, saya ditempatkan di divisi Service, di divisi ini ada beberapa bidang yaitu perakitan komputer, instalasi sistem, perbaikan komputer, dan perbaikan peripheral. Di divisi service ini lebih menarik sekaligus melelahkan buat saya karena ternyata tugasnya lebih banyak, pada bidang perakitan komputer setiap harinya saya bisa merakit 3 sampai 5 buah komputer, jika tidak ada pesanan perakitan saya pindah ke bagian lainnya, bagian yang membuat saya sangat tertarik waktu itu adalah perbaikan peripheral, disana saya belajar bagaimana cara memperbaiki perangkat peripheral seperti memodifikasi printer, memperbaiki tabung monitor, memperbaiki speaker dan lain sebagainya. Setelah dua bulan magang akhirnya saya dinyatakan berhasil dan mendapat sertifikat dengan nilai A.
Untuk lulus SMK, pada semester akhir ada ujian praktek yang disebut ujian kompetensi kejuruan. Pada ujian praktek yang harus saya lakukan adalah pc routing, dimana prakteknya mulai dari perancangan, perakitan komputer, installasi sistem operasi, installasi kabel, sampai konfigurasi jaringan ( iptables, dns server,proxy server, dan lain sebagainya). Pada ujian praktek ini tidak diberi batasan waktu namun waktu penyelesaiin masuk dalam penilaian. Saya berhasil selesai pertama dengan catatan waktu kurang lebih 4 jam dan nilai kerapihan dan keberhasilan 100%.
            Pada saat SMK saya sempat beberapa kali mengikut perlombaan. Prestasi lomba saya saat di SMK adalah juara 1 lomba desain grafis tingkat smk/sma se-kota Depok, juara 2 lomba pc routing tingkat smk se-kota Depok, 10 besar lomba overclocking tingkat smk/sma se-jabodetabek dan juara 2 lomba assembly computer tingkat smk se-jabodetabek yang penyelenggaranya adalah Universtas Gunadarma. Dan dari lomba assembly computer yang diselenggarakan Universitas Gunadarma tersebut, selain hadiah uang dan barang, saya juga diberi penawaran berupa beasiswa jika ingin masuk ke Universitas Gunadarma, oleh karena itu akhirnya saya masuk ke Universitas Gunadarma dengan grade A++ tanpa harus mengikuti ujian masuk terlebih dahulu.
            Setelah lulus SMK dan sebelum masuk perkuliahan, saat itu ada waktu senggang yang cukup lama, saat itu saya sempat mencoba untuk magang bekerja. Saya magang di Kementrian Sosial. Di sana saya menjadi IT support di bagian arsiparis, dan karena itu saya menjadi tahu kurang sedikitnya tentang sistem manajemen data di pemerintahan. Selain itu saya juga sempat magang di perusahaan yang bergerak di bidang IT solution, disana saya menjadi technical computer dan network engineer.
            Pada masa perkuliahan, dari semester 1 sampai kini saya tengah menjalani semester 8. Saya telah mendapatkan mata kuliah yang menarik, ada mata kuliah yang berkaitan dengan jurusan SMK saya, selain itu juga ada mata kuliah yang baru dan saya masih sangat awam tentang itu, yaitu seperti matakuliah programming, 3D modeling dan animasi. Walau awalnya berat untuk mempelajarinya karena belum terbiasa dan tidak memiliki dasarnya sama sekali, tapi kini perlahan saya mulai menguasainnya.
             Saat tingkat 2 perkuliahan, saya mendapat tawaran untuk menjadi guru produktif honorer di SMK saya dulu, karena saya tertarik akhirnya saya menerimanya, saat itu saya mengajar kelas 2 SMK dengan mata pelajaran sistem operasi berbasis text. Namun, karena sulitnya membagi waktu antar kuliah dan mengajar dulu, akhirnya waktu itu saya memutuskan cukup mengajar 1 semester saja.
            Karena saya ingin mencoba keberuntungan saya di bidang bisnis. Akhirnya saya sempat mencoba membuat usaha, dengan membuat usaha menjual paket rakitan komputer dan jasa perbaikan komputer, saat itu saya berhasil mengait MSI sebagai sponsor saya, sehingga saya mendapatkan keuntungan yaitu mendapat supply hardware yang jauh lebih murah dari pasaran sehingga hardware tersebut bisa saya rakit dan jual dengan harga yang menguntungkan. Dengan modal yang tidak telalu banyak saya awalnya membuat beberapa CPU dan membuat ruko kecil di jalan Nusantara Depok. Untuk mempromosikan usaha saya ini, saya membuat website e-commerce yang berdomain di microcomputer.net dan microcomputer.blogspot.com. Tadinya saya berenca untuk meresmikannya menjadi sebuah CV, dan bercita-cita mengembangkannya hingga menjadi distributor yang besar, namun karena prospek usaha dan pemutaran modal tidak berkembang akhirnya kandas di tengah jalan, ini saya rasa karena manajemen bisnis saya yang kurang baik, namun ini juga menjadi pelajaran dan pengalaman yang berarti buat saya.

            Setelah sekian banyak  bidang dalam dunia IT yang saya coba pelajari, sebenarnya malah membuat saya menjadi bingung bidang mana yang akan saya jadikan profesi dan karir nantinya. Namun kini saya telah memutuskan untuk fokus ke bidang grafik 3 dimensi. Karena saya pikir pada bidang ini lah passion saya yang sebenarnya, harapan saya nantinya saya dapat menjadi seorang developer game atau modeler dan animator 3 dimensi yang handal, dan memiliki studio animasi dan game development sendiri. Oleh karena itu kini saya tengah tekun usaha untuk menggapai harapan saya tersebut dengan memengang keyakinan tiada yang tidak mungkin dan bisa karena terbiasa. JJJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar